H

H

BENARKAH MINUMAN BERSODA MAMPU MENURUNKAN KOLESTEROL SETELAH IDUL QURBAN ???


 

BENARKAH MINUMAN BERSODA MAMPU MENURUNKAN KOLESTEROL ???

Setelah Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, banyak masyarakat yang khawatir kadar kolesterolnya tinggi karena konsumsi daging yang berlebihan. Kadar kolesterol adalah jumlah senyawa lemak yang terdapat didalam tubuh. Salah satu sebab kadar kolesterol menjadi tinggi adalah memang karena konsumsi makanan berlemak berlebih seperti konsumsi daging saat Hari Raya Idul Adha.              Namun ada kebiasaan menarik bagi beberapa kelompok masyarakat yaitu mengkonsumsi minuman Soft Drink seperti soda, cola, baik dalam bentuk berkarbonasi atau Soft Drinks non karbonasi dengan tujuan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhnya. APAKAH ITU BENAR ???

Soft Drinks adalah minuman berbahan dasar air yang mengandung pemanis, pewarna, perasa, dan terkadang mengandung sari buah atau bahan alami lainnya dengan tingkat keasaman tertentu. Mampu memberikan kesegaran sebatas tenggorokan apabila dikonsumsi terlebih dalam keadaan dingin. Namun dari berbagai penelitian, Soft Drinks tidak ada yang terbukti mampu menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh seseorang. Malah, kandungan gula tambahan dalam minuman ini dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Karena kadar gula yang berlebihan menyebabkan peningkatan kolesterol LDL (lemak jahat) dalam tubuh seseorang.                                        

Jadi kesimpulannya, Soft Drink sebagai minuman memang mampu memberikan rasa segar dalam tubuh seseorang sebatas tenggorokan namun efek dalam menurunkan Kolesterol belum terbukti. Sehingga kita perlu bijak dalam menyikapi fenomena yang ada dalam masyarakat dan menjelaskan dengan seksama.

Subscribe to receive free email updates: